Ratakan Support Center
Petunjuk

Panduan ini adalah kumpulan dari tanya-jawab, artikel dan video tutorial. Anda bisa menggunakan fitur pencarian atau langsung jelajahi panduan berdasarkan kategorinya.



 Bagaimana Copyright / Hak Cipta dan Anti Piracy Produk?

Solusi


Pada dasarnya dalam hukum hak cipta khususnya kreativitas seperti tulisan buku, desain, dan semacamnya adalah melekat pada penciptanya atau pada pembuatnya dengan bisa dibuktikan dengan beberapa dasar proses dari pembuatan karya tersebut bilamana ada pengajuan hukum.

Begitu juga dengan termasuk pada produk digital.

Pun, kasus pembajakan adalah salah satu tindakan yang memang cukup sulit dari dulu diberantas. Apalagi memang karena si konsumen sendiri yang menyebarkan. Tentu RATAKAN tidak bisa mengatasi penyebaran tersebut.

Namun, hingga saat ini marketplace RATAKAN masih tetap berupaya dalam proses "perlindungan" hak cipta. Karena Ratakan bukanlah pembuat dari produk digital yang dijual di marketplace.

Perlindungan seperti apa? Harapan Ratakan adalah nanti ada sebuah software / cara untuk memberikan sebuah watermark bilamana ada produk digital yang dibajak akan ketahuan si pembajaknya siapa.

Saat ini proteksi sistem RATAKAN adalah berupa Produk Digital disimpan di server Amazon S3 yang merupakan salah satu media penyimpanan terpopuler saat ini, dan juga terproteksi khusus sehingga sangat aman. Hanya dapat diakses oleh yang sudah memiliki aksesnya yaitu PEMBELI produk.

Bilamana terjadi kasus penyalah gunaan hak cipta, memang hanya yang pembuatnya sajalah yang berhak dan berwenang secara hukum menuntut si pembajak.

Sudah terjadi beberapa kasus pembajakan di tokopedia dan sudah tertera di sana bahwa secara hukum legal hanya pemilik / pembuat produk sah yang berhak berwenang menuntut si pembajak.

 
Apakah panduan ini membantu Anda? ya / tidak